Baju Kerja Lapangan yang Sesuai Standar Safety

Semakin tinggi skala suatu pekerjaan, maka semakin tinggi pula risiko yang akan diperoleh. Entah itu risiko keselamatan kerja, lingkungan, finansial, sosial, dan lain sebagainya. Di dunia industri, risiko pada keselamatan kerja adalah salah satu prioritas utama yang sebisa mungkin harus diminimalisir.

Sebab, apabila gagal dalam mengatasi hal tersebut, maka dampaknya akan mengundang banyak reaksi berantai terhadap risiko-risiko lainnya. Sehingga hal tersebut akan menambah beban di suatu industri.

Untuk melihat katalog baju kerja lapangan produksi KonveksiUngaran.com KLIK DISINI

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka penyedia lapangan kerja perlu memberikan bimbingan serta penyuluhan Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3. Hal tersebut bertujuan agar bisa membentuk kesadaran pada para pekerja untuk mematuhi prosedur yang ada di tempat kerja.

Selain itu, perusahaan juga perlu menyediakan perlengkapan Personal Protective Equipment (PPE) atau Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah memenuhi standar keselamatan kerja.

Ada berbagai macam alat pelindung diri yang wajib digunakan saat bekerja di tempat yang berisiko tinggi, diantaranya helm safety, earplug, kacamata safety, baju wearpack safety, coverall, celana safety, rompi safety, belt, jaket safety, sarung tangan, boots atau sepatu safety, dan juga peralatan keselamatan lainnya.

Baju kerja lapangan wajib digunakan di berbagai profesi, terutama di perusahaan yang mempunyai risiko pada keselamatan kerja dan memerlukan pengamanan khusus. Seperti pekerja tambang, pekerja lapangan, mekanik kapal, proyek pembangunan, mekanik bengkel, pengelasan, pemadan kebakaran, dan berbagai pekerjaan outdoor lainnya.

Model dan Jenis Baju Kerja Lapangan

Jika berdasar pada fungsi serta tujuan penggunaannya, wearpack atau baju kerja lapangan pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua kategori. Pertama adalah jenis wearpack safety dan kedua adalah jenis wearpack biasa. Walaupun keduanya sama-sama memiliki peran yang penting untuk melindungi tubuh ketika melakukan pekerjaan di luar ruangan. Akan tetapi prioritas perlindungannya tetap berbeda.

Wearpack Biasa

Wearpack biasa adalah jenis baju kerja lapangan yang kerap digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang pekerjaan yang memerlukan tingkat perlindungan sedang. Fungsi dari seragam ini hampir sama dengan seragam kerja lainnya. Umumnya baju kerja lapangan jenis ini mempunyai desain yang sederhana. Misalnya, bagian atas seragam berbentuk baju lengan panjang. Sedangkan bagian bawahnya celana panjang.

Desain baju kerja ini cenderung lebih simple dan tidak terlalu rumit. Sebab, biasanya wearpack ini dibuat untuk para pekerja yang berkegiatan di lingkungan peternakan, pertanian, perikanan, perkebunan, serta pabrik seperti pabrik mesin, bengkel, las, dan juga pabrik motor.

Wearpack Safety

Wearpack safety adalah baju kerja lapangan yang dibuat untuk para pekerja yang memerlukan prioritas perlindungan yang cukup tinggi. Baju seragam ini biasanya dirancang dengan menggunakan desain khusus dan bahan khusus seperti bahan anti api serta dilengkapi dengan pita scotlite.

Di dalam area lingkungan kerja, baju kerja lapangan ini biasanya lebih sering digunakan oleh para pekerja lapangan seperti petugas pemadam kebakaran, pekerja tambang, dan pekerja lain yang membutuhkan tingkat perlindungan ketat dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi saat melakukan aktivitas pekerjaan.

Model Baju Kerja Lapangan Sesuai Standar Safety

Sebagai salah satu alat yang digunakan untuk melindungi tubuh ketika bekejra, wearpack atau baju kerja lapangan secara umum bisa dijumpai dalam banyak pilihan desain dan model. Berikut ini adalah dua model wearpack yang paling populer, yaitu wearpack one piece dan wearpack two piece yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Wearpack One Piece

Jenis baju kerja lapangan yang satu ini adalah jenis seragam yang dibuat menyatu antara bagian atas dan bagian celananya.

Wearpack Two Piece

Baju kerja lapangan jenis ini adalah sejenis seragam yang dibuat dengan model yang terpisah, antara bagian atas dan bagian bawah.

Dari dua jenis baju kerja lapangan di atas, sebenarnya wearpack juga bisa dikembangkan lagi menjadi beragam variasi desain dan model seragam yang lebih menarik.

Standar Safety Baju Kerja Lapangan

Supaya terhindar dari bahaya dan risiko kecelakaan kerja, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan baju kerja lapangan sesuai standar sfaety.

– Dibuat dari bahan yang kuat. Umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat baju kerja lapangan adalah kain Drill. Dalam hal proteksi, ada juga seragam yang dibuat menggunakan bahan anti air dan juga api.

– Ukuran seragam harus menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya. Apabila terlalu longgar atau terlalu ketat, maka penggunanya akan merasa tidak nyaman atau bahkan merasa kesulitan saat melakukan pekerjaannya.

– Hindari model baju yang mempunyai detail menjuntai. Kain yang menjuntai akan berbahaya apabila berdekatan dengan mesin-mesin yang bergerak.

– Mempunyai warna yang cerah dan high visibility. Pemilihan warna yang cerah akan memudahkan mata kita untuk mengenali penggunanya.

– Terdapat tambahan garis maupun pita yang bisa memantulkan cahaya ketika sedang berada di ruangan yang redup. Garis reflektor sangat penting untuk digunakan karena tetap bisa bercahaya saat di area yang minim cahaya.

 

Tips Merawat Baju Kerja Lapangan atau Wearpack

Untuk tetap menjaga wearpack agar awet dan tidak mudah rusak dan bisa digunakan dengan nyaman, penting untuk selalu merawatnya dengan cara yang benar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk merawat wearpack agar tetap awet.

  1. Setelah digunakan, letakkan kembali baju kerja di tempat semula
  2. Cuci wearpack secara berkala, tapi jangan terlalu sering
  3. Simpan baju kerja di tempat yang sejuk tapi juga tidak lembab. Hal ini bertujuan agar wearpack yang Anda punya tidak mudah berjamur
  4. Simpan baju kerja lapangan dengan cara digantung. Hal ini bertujuan agar aksesoris penting yang ada di baju tersebut tidak rusak

Khusus untuk baju kerja yang dibuat dari bahan tertentu seperti baju kerja petugas pemadam kebakaran yang mempunyai sifat anti api. Cara merawatnya juga diawasi oleh ahli K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Bahkan beberapa baju kerja juga mempunyai aturan berbeda dalam pemakaiannya.

Wearpack anti apik perlu perawatan khusus saat dicuci. Dimana sisa air yang dipakai ketika mencucinya tidak boleh langsung dibuang. Sebab, apabila langsung dibuang tanpa melewati proses khusus, maka air tersebut berpotensi mencemari lingkungan sekitar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pilihan model baju kerja lapangan sesuaii standar safety dan juga cara tips merawat wearpack dengan tepat.  Untuk Anda yang bekerja di luar ruangan, tentu seragam safety K3 sangat diperlukan untuk menunjang berbagai kegiatan yang dilakukan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami tentang model, bahan, serta cara merawat baju kerja lapangan dengan baik. Supaya seragam tersebut bisa melindungi Anda dengan maksimal dan pastinya tetap nyaman digunakan disetiap aktivitas kerja.

Untuk Anda yang ingin membuat baju kerja lapangan dengan kaulitas terbaik, Anda bisa menggunakan jasa konveksi Ungaran. Layanan ini sudah didukung oleh tenaga kerja yang ahli dibidang konveksi serta peralatan modern yang bisa membuat proses pengerjaan menjadi lebih cepat.

Untuk informasi dan pemesanan bisa menghubungi team marketing kami :

KONVEKSI UNGARAN MAKMUR

Telp / WA : 0878.0800.8637

Email         : Konveksiungaran@gmail.com

Alamatnya : Ruko kalongan, Jalan Arjuna No.3, Desa kalongan, kec. Ungaran timur. Kab. Semarang.

Leave a Comment

KLIK DISINI
WA KonveksiUngaran.com
Terima kasih telah menghubungi kami, Silahkan untuk informasi dan pemesanan ?